Dialog komunitas Happy Embung

Dialog komunitas Happy Embung

Hari Jum’at, 1 Maret 2013

Dr Thomas A Santoso SpKFR:

Selamat pagi…..wah ingat setahun yg lalu ada undangan dan kita ikut upacara serangan 1 maret…tahun ini apa teman-teman Happy Embung juga berpartisipasi upacara ?

Ruššiaňa: Yg dulu aku ditanya, loh apa papamu pejuang po kog ikut upacara.=))

AR Iskandar: Jawab saja bu iya dong papaku pejuang. Memang ingatkan setahun yang lalu kita ikut upacara.

KJeluarga Besar Anggota HE yang dirahmati & diberkahi Allah. *Serangan Oemoem 1 Maret 1949 Gelorakan Gerakan Beli Indonesia*. (1 Maret 2012). “Merebut Pasar di Negeri Sendiri”.  Gerakan Beli Indonesia memiliki 3 sikap perjuangan bangsa Indonesia, yaitu:

1. MEMBELI PRODUK INDONESIA. Sebagai bangsa Indonesia yang memiliki pembelaan terhadap bangsanya, kita membeli produk bukan karena lebih baik, bukan karena lebih murah, tetapi karena milik bangsa sendiri.

2. MEMBELA BANGSA INDONESIA. Sebagai bangsa Indonesia kita memiliki sesuatu yang jelas untuk dibela, yaitu martabat bangsa dan kejayaan Indonesia.

3. MENGHIDUPKAN SEMANGAT PERSAUDARAAN. Indonesia tidak bisa dibangun secara sendiri2, kita hrs bersatu padu membangun bangsa dan negara Indonesia dengan semangat NKRI. “Saya ada untuk Kamu, Kamu ada untuk Saya, Kita ada untuk saling tolong-menolong.

“Produk Indonesia adalah produk2 yang dibuat di Indonesia, berbahan baku dari Indonesia, dan dimiliki oleh bangsa Indonesia”. Ada 4 jenis produk:

A. Produk Indonesia, diproduksi di Indonesia, berbahan baku dari Indonesia, dan dimiliki oleh bangsa Indonesia.

B. Produk Indonesia Campuran, diproduksi di Indonesia, berbahan baku ‘sebagian’ dari Indonesia, dan dimiliki bangsa Indonesia.

C. Produk Asing, diproduksi di Indonesia, bahan baku bebas asalnya, dan dimiliki bangsa asing.

D. Produk Import, diproduksi diluar negeri, bahan baku bebas asalnya, dimiliki bangsa asing, dan dikirim/dipasarkan di Indonesia.

Prioritas dalam membeli produk:

Prioritas Pertama, belilah produk A.

Kedua terpaksa beli produk B, jika produk A tidak tersedia.

Ketiga terpaksa beli produk C, jika produk A & B tidak tersedia.

Keempat terpaksa beli produk D, jk produk A, B, dan C tdk tersedia.

Makna “Beli Produk Indonesia”:

1. Beli produk Indonesia mengandung makna ‘pembelaan’. Pembelaan terhadap produk Indonesia pembelaan thdp perekonomian Ind.

2. Beli produk Indonesia mengandung makna ‘tindakan nyata’. Tindakan nyata yang mencerminkan kesadaran bangsa Indonesia bahwa setiap keputusan dalam membeli sesuatu ternyata sangat menentukan nasib bangsanya.

 3. Beli produk Indonesia mengandung makna ‘sikap jelas’. Sikap jelas dalam membela martabat Bangsa dan negara Ind.  Marilah kita mulai dari diri sendiri. Tunjukkan dengan jelas pembelaan kita dengan “Cermat dan Bijak dalam Berbelanja”.

 Mengapa kita hrs membela produk Indonesia? 

Karena:

1. Produk Indonesia artinya perekonamian Indonesia, membela produk Indonesia adalah membela perekonomian bangsa kita sendiri, mengatasi kemiskinan bangsa Indonesia. 

2. Setiap bangsa memiliki nasionalisme sendiri, bangsa asing memiliki nasionalisme sendiri. Indonesia bukan nasionalisme mereka, kita sendiri yang harus membela bangsa kita. 

3. Membela produk Indonesia artinya menumbuhkan industri, menciptakan lapangan kerja, mengatasi persoalan dimana saat ini anak2 kita sulit mencari penghidupan di negeri sendiri. 

4. Indonesia akan tetap miskin dan semakin miskin apabila yang berjaya di Indonesia bukan bangsa Indonesia sendiri.

Perlu dipahami bahwa Beli Indonesia bukan gerakan membangun merek/citra produk tertentu, orang tertentu, organisasi/komunitas tertentu. Beli Indonesia adalah gerakan membangun Karakter Bangsa Indonesia. Dengan cara membangkitkan kesadaran bahwa jati diri kita adalah sebagai bangsa Indonesia, membangkitkan keyakinan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang juga berhak berjaya secara ekonomi, dan membangkitkan pembelaan bangsa kita terhadap nasib bangsa sendiri. Juga perlu dipahami bahwa Beli Indonesia bukan Gerakan Boikot Produk Asing, bukan anti asing. Beli Indonesia menumbuhkan karakter unggul dan membangkitkan pembelaan untuk mengambil Hak Meraih Kejayaan Ekonominya sendiri.

Jika masih banyak produk Indonesia yang belum ada, bagaimana sikap kita? Jawab: Kita sudah bisa melakukan beberapa hal meskipun belum bisa melakukan semuanya, namun jangan biarkan apa yang belum bisa kita lakukan menghentikan hal2 yang bisa kita lakukan. Kita harus mulai menggunakan produk bangsa kita sendiri mulai sekarang, bukan setelah semua produk bisa dibuat oleh bangsa kita.  Banyak produk Indonesia hilang dari pasar, pengusaha berjatuhan setiap hari karena produknya tidak dibela oleh bangsa sendiri. Bangsa kita tidak menyadari sepenuhnya produk mana yang harus dibela. Beli Indonesia adalah menguasai pasar kita sendiri yang hari ini dikuasai asing. Jika kita menguasai pasar maka produk bangsa kita akan segera bermunculan dan ekonomi tumbuh. Tidak ada keraguan dengan kemampuan bangsa Indonesia membuat produk, bangsa Indonesia telah mampu membuat pesawat canggih yang malah dipakai oleh negara lain, bangsa Indonesia mampu membuat hampir segalanya. Tinggal tunggu saatnya peran apapun anda berikan untuk bumi pertiwi Ind.onesia Jayalah Indonesia.

Rita: Banggalah dengan produk anak bangsa, putra putri terbaik Indonesia.:)

Ismail Madjid: Mantaaap….. (y) (y) (y)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s